TADABBUR JUZ ‘AMMA SURAH AL-INFITHAR 1-19


 - بسم الله الرحمن الرحيم -

🌸 KELAS TADABBUR JUZ ‘AMMA 🌸

Teacher: ustadha Maha حفظهاالله

🌿🌷🌿🌷🌿🌷🌿🌷🌿🌷🌿


Hari ini kita akan membahas surat Al-Infithar, surat ke ini adalah surat Makkiyah (turun sebelum hijrah) yang terdiri dari 19 ayat. Surat ini menggambarkan tentang hari kiamat.

💐Rasulullah ﷺ  bersabda :

مَنْ سَرَّهُ أَنْ يَنْظُرَ إِلَى يَوْمِ القِيَامَةِ كَأَنَّهُ رَأْيُ عَيْنٍ. فَلْيَقْرَأْ: إِذَا الشَّمْسُ كُوِّرَتْ، وَإِذَا السَّمَاءُ انْفَطَرَتْ، وَإِذَا السَّمَاءُ انْشَقَّتْ

“Barang siapa yang ingin melihat Hari Kiamat seolah-olah seperti pandangan mata, hendaknya ia membaca ayat: Idzasysyamsu kuwwirat [surat at-Takwir] Idzas Samaaunfatharat [surat al-Infithar], dan idzas samaaunsyaqqat [surat al-Insyiqaq]”.

💐Dalam riwayat An-Nasaai Jabir berkata :

قَامَ مُعَاذٌ فَصَلَّى الْعِشَاء الْآخِرَةَ فَطَوَّلَ، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «أَفَتَّانٌ يَا مُعَاذٌ؟ أَفَتَّانٌ يَا مُعَاذُ؟ أَيْنَ كُنْتَ عَنْ سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى، وَالضُّحَى، وَإِذَا السَّمَاءُ انْفَطَرَتْ؟»

"Mu’adz sholat isya dan ia memperpanjang sholatnya. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berkata, "Apakah engkau membuat fitnah wahai Mu’adz?, apakah engkau membuat fitnah wahai Mu’adz?. Kemanakah engkau tidak membaca surat سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى dan surat وَالضُّحَى dan surat إِذَا السَّمَاءُ انْفَطَرَتْ?’’.

Maksud yang paling penting dari surat ini adalah menggambarkan keadaan-keadaan manusia di hari kiamat dan bagaimana berubahnya keadaan manusia pada saat itu.

🌼Allah ﷻ berfirman dalam Surat Al-Infithar:

1. إِذَا السَّمَاءُ انفَطَرَتْ

“tatkala langit terbelah”

🍁Disini menggunakan uslub jawab-syarath. Maknanya: Apabila langit retak dan terbelah.

Tentang keadaan langit, Allah juga menyebutkan dalam ayat yang lain. Seperti dalam surat Al-Insyiqaq, Allah berfirman:

إِذَا السَّمَاءُ انشَقَّتْ

“Tatkala langit terbelah.” (QS Al-Insyiqaq : 1)

🍁Perbedaan antara infithar dan insyiqaq, infithar adalah permulaan terbelahnya langit. Setelah itu, semakin lama akhirnya langit benar-benar terbelah, itu lah yang disebut denga insyiqaq.

🌼Allah ﷻ menyebutkan dalam ayat berikutnya :

2. وَإِذَا الْكَوَاكِبُ انتَثَرَتْ

“dan tatkala bintang-bintang berjatuhan”

Yaitu bintang-bintang tersebut akan keluar dari orbitnya kemudian jatuh berserakan, sehingga hilanglah keindahannya.

3. وَإِذَا الْبِحَارُ فُجِّرَتْ

“dan tatkala lautan dijadikan meluap”

Pada hari kiamat seluruh lautan dialam semesta Allah jadikan meluap dan bersatu sehingga jadilah hanya satu laut.

4. وَإِذَا الْقُبُورُ بُعْثِرَتْ

“dan tatkala kuburan-kuburan dibalik”

🍂Yaitu kuburan dibalik sehingga yang dibawah menjadi di atas, maksudnya yaitu manusia dikeluarkan dari kuburnya, sehingga keluarlah orang-orang mati yang ada di dalamnya untuk dibangkitkan untuk dikumpulkan di padang mahsyar.

5. عَلِمَتْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ وَأَخَّرَتْ

“(maka) setiap jiwa apa yang telah dikerjakan dan dilalaikan(nya).”

Pada ayat 5 ini adalah jawab dari uslub syarath yang ada di ayat 1-4. Ketika terjadi peristiwa ini, maka manusia mengetahui amal-amalnya dan mereka akan di kumpulkan.

🍂Dikatakanan oleh Syaikh Sa'di: Kemudian penutup (yang menghalangi Allah dengan hamba-Nya) dibuka. Setiap yang tersembunyi akan lenyap dan setiap jiwa akan mengetahui apakah ia termasuk yang beruntung atau yang binasa/rugi. Disana, orang zhalim menggigit kedua tangannya ketika ia melihat perbuatan-perbuatannya yang bathil dan timbangan (amal kebaikannya) ringan. Adapun orang-orang yang dizhalimi, mereka memanggil orang zhalim tadi. Sehingga datanglah segala keburukan-keburukan yang ia miliki. Maka ketika itu, orang zhalim tersebut menjadi yakin akan kesengsaraan abadi dan siksaan yang kekal.

🍁🍁🍁

🌼Setelah Allah ﷻ menjelaskan tentang kondisi hari kiamat, Allah ﷻ kemudian mencela manusia. Allah ﷻ berfirman :

6. يَا أَيُّهَا الْإِنسَانُ مَا غَرَّكَ بِرَبِّكَ الْكَرِيمِ

“Wahai manusia! Apakah yang telah memperdayakan kamu (berbuat durhaka) terhadap Tuhanmu Yang Maha Mulia”

🍂Panggilan ini adalah panggilan Allah untuk orang-orang yang lalai. Apa yang membuatmu terus-menerus dalam dosa❓ Tidak beristighfar❓

🍂Makna 'Rabb' bahwa ia adalah Rabb-mu yang membimbingmu. Maka Dia-lah yang berhak di sembah!

🍂Ini adalah jawaban-jawaban dari para salaf terhadap ayat ini :

Al-Fudail ibn Iyad mengatakan bahwa seandainya dikatakan kepadaku, "Apakah yang membuat kamu teperdaya (berbuat durhaka) terhadap-Ku." niscaya akan kujawab, "Tirai-tirai-Mu yang dijulurkan (menghijabi-Mu dariku)."

Qatadah mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya: apakah yang telah memperdayakanmu (berbuat durhaka) terhadap Tuhanmu Yang Maha Pemurah. (Al-Infithar: 6) Yakni sesuatu, tiada yang memperdayakan manusia selain dari musuh bebuyutannya, yaitu setan.

🍁Ibnu Umar membaca firman-Nya: Hai manusia, apakah yang telah memperdayakan kamu (berbuat durhaka) terhadap Tuhanmu Yang Maha Pemurah. (Al-Infithar: 6) Lalu ia berkata, "Demi Allah, dia teperdaya oleh kebodohannya sendiri." 

Semoga Allah memberi hidayah terhadap hati-hati kita.

🌼Kemudian pada ayat selanjutnya Allah ﷻ berfirman:

7. الَّذِي خَلَقَكَ فَسَوَّاكَ فَعَدَلَكَ

“yang telah menciptakanmu lalu menyempurnakan kejadianmu dan menjadikan penciptaanmu seimbang”

Bukankah Allah telah menciptakanmu dengan sebaik-baik penciptaan❓Allah menyebutkan kenikmatan yang telah diberikan-Nya kepada manusia. Bahwasanya diantara kenikmatan yang diberikan Allah adalah penciptaan dirinya.

8. فِي أَيِّ صُورَةٍ مَّا شَاءَ رَكَّبَكَ

“dalam bentuk apa saja yang dikehendaki, Dia menyusun tubuhmu”

🍁Allah menyusun rupa kita sesuai kehendak Allah dan bukan kehendak kita. Kita tidak bisa mengatur punya anak yang memiliki rupa tertentu.

Qatadah mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya: dalam bentuk apa saja yang Dia kehendaki, Dia menyusun tubuhmu. (Al-Infithar: 8) Demi Allah, Tuhan kita, Dia mampu melakukannya. 

Makna yang dimaksud dari pendapat mereka dapat disimpulkan bahwa Allah ﷻ berkuasa untuk menciptakan nutfah menjadi manusia yang buruk rupanya seperti hewan yang rupanya menjijikkan. Tetapi berkat kekuasaan-Nya dan kasih sayang-Nya kepada makhluk-Nya, Dia menciptakan manusia dalam bentuk yang baik, tegak, sempurna, dan indah penampilan serta rupanya. 

Disini Allah ﷻ menyebutkan nikmatNya yang sangat agung, maka bersyukurlah kepada Allah atas nikmat ini, karena bisa saja Allah ﷻ menjadikan bentuk kita sebagaimana keledai atau anjing.

🌼Kemudian Allah ﷻ berfirman:

9. كَلَّا بَلْ تُكَذِّبُونَ بِالدِّينِ

“sekali-kali jangan begitu! Bahkan kalian mendustakan hari pembalasan”

Yakni terhadap semua ini, mereka masih saja mendustakan

🌼Kemudian Allah ﷻ berfirman lagi:

10. وَإِنَّ عَلَيْكُمْ لَحَافِظِينَ

“dan sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (amalanmu)”

🍂Jangan kamu lalai karena ada yang mengawasimu. Terdapat malaikat yang mulia, ialah yang mencatat perbuatan-perbuatanmu. Baik perbuatan yang bathin maupun yang nampak, baik perbuatan yang besar maupun kecil. 

🍂Pada ayat ini terdapat ta'kid (penegasan) yang menunjukkan Allah tidak pernah lalai dari perbuatan-perbuatan manusia.

11. كِرَامًا كَاتِبِينَ

“yang mulia (di sisi Allah) dan yang mencatat (perbuatanmu)”

🍁Mereka adalah makhluk yang mulia di sisi Allah karena kepatuhan dan ketaatan mereka. Termasuk dalam hal ini adalah aktivitas hati dan anggota badan, semuanya akan dicatat.

12. يَعْلَمُونَ مَا تَفْعَلُونَ

“mereka mengetahui apa yang kalian lakukan”

🍁Seluruh perbuatan manusia tercatat dalam buku catatan amal yang kelak akan diperlihatkan kepada mereka di akhirat. 

Oleh karena itu, jika hati kita tergerak untuk berbuat maksiat, maka ingatlah bahwasanya malaikat bersama kita, malaikat yang mulia yang akan mencatat seluruh perbuatan kita.

🍁🍁🍁

🌼Kemudian pada ayat selanjutnya Allah ﷻ berfirman:

13. إِنَّ الْأَبْرَارَ لَفِي نَعِيمٍ

“Sesungguhnya orang-orang yang baik benar-benar berada dalam kenikmatan”

🍁Sesungguhnya orang-orang yang banyak berbakti, beriman, dan beramal saleh, benar-benar berada dalam surga yang penuh kenikmatan tiada tara, tak terbayangkan, apalagi terbandingkan dengan kenikmatan duniawi.

🍁Yang dimaksud pada ayat ini adalah orang-orang yang terus menerus melakukan kebaikan

🍁Kenikmatan yang di maksud adalah kenikmatan yang dirasakan hatinya dan badannya baik ketika di dunia, di kubur, dan di darul qarar (hari kiamat).

14. وَإِنَّ الْفُجَّارَ لَفِي جَحِيمٍ

“dan sesungguhnya orang-orang yang durhaka benar-benar berada dalam neraka”

🍂Sesungguhnya orang-orang yang durhaka berada dalam azab dunia, dan azab kubur, dan di akhirat mereka akan mendapati diri mereka penuh dengan azab, dalam diri mereka penuh dengan siksaan, hati mereka terasa sempit dan tertekan, hati mereka penuh dengan kegelisahan, bahkan diantara mereka ada yang bunuh diri karena merasa berada dalam siksaan didunia, itulah keadaan orang-orang durhaka di dunia.

Orang-orang kafir meskipun di berikan nikmat-nikmat tetapi hatinya dalam kegelapan.

Maka kita memuji Allah atas nikmat Islam dan semoga Allah menetapkan kita pada agama Islam ini.

15. يَصْلَوْنَهَا يَوْمَ الدِّينِ

“mereka masuk ke dalamnya pada hari pembalasan”

🍁Yang di maksud ad-Din disini adalah pembalasan, karena pada hari itu manusia akan di balas dengan perbuatannya baik yang besar maupun yang kecil.

16. وَمَا هُمْ عَنْهَا بِغَائِبِينَ

“mereka sama sekali tidak akan ghaib dari neraka jahannam tersebut”

Tidak akan ghaib artinya adalah mereka senantiasa hadir di dalam neraka jahannam dan mereka kekal di dalamnya, tidak pernah sedetik pun berhenti dari siksaan.

🍁🍁🍁

Kemudian Allah ﷻ berfirman:

17. وَمَا أَدْرَاكَ مَا يَوْمُ الدِّينِ

“dan tahukah kalian apa itu hari pembalasan?”

18. ثُمَّ مَا أَدْرَاكَ مَا يَوْمُ الدِّينِ

“sekali lagi, kemudian tahukah kalian apa itu hari pembalasan?”

🍁Uslub ini adalah pengangungan terhadap hari kiamat. Allah ﷻ mengulang-ulang pertanyaan ini untuk menunjukkan dahsyatnya hari kiamat.

Kemudian Allah ﷻ menutup surat Al-Infithar dengan menjelaskan apa itu hari pembalasan. Allah ﷻ berfirman :

19. يَوْمَ لَا تَمْلِكُ نَفْسٌ لِّنَفْسٍ شَيْئًا ۖ وَالْأَمْرُ يَوْمَئِذٍ لِّلَّهِ

“(yaitu) pada hari (ketika) seseorang sama sekali tidak berdaya (menolong) orang lain. Dan segala urusan pada hari itu dalam kekuasaan Allah”

🍂Dan pada hari itu tidak bisa membantu orang-orang terdekatnya kecuali dengan izin Allah.

🍂Di banyak surat Allah banyak mengabarkan tentang keadaan-keadaan ini. Apa yang Allah ﷻ inginkan? Allah ﷻ mengingkan kita untuk MEMPERSIAPKAN hari itu. Mempersiapkan hari saat kita berjumpa dengan Allah ﷻ. Mempersiapkan amal-amal shalih untuk hari itu. Maka sudah sepantasnya bagi seorang hamba untuk mempergunakan waktunya sebaik baiknya karena semua kelak akan dipertanggungjawabkan.

🌼Diantara pelajaran dari ayat-ayat ini adalah :

1️⃣Kita telah mengetahui neraka dan surga, mana yang kita pilih❓ Maka beramal-lah untuk mencapai tempat yang kita pilih.

2️⃣Diantara amal yang paling penting adalah bersyukur kepada Allah ﷻ. Mensyukuri nikmat-nikmat Allah dan menggunakannya dalam ketaatan.

3️⃣Setiap saat kita sangat butuh dengan hidayah, sehingga janganlah menyombongkan diri, agar senantiasa merasa amalan kita ini masih sedikit, butuh pertolongan dan hidayah dari Allah ﷻ,  perbanyaklah doa agar senantiasa diberi keistiqamahan.

4️⃣Kemudian pada ayat 7 Allah ﷻ menyebutkan tentang penciptaan manusia yang sempurna. Maka semoga Allah ﷻ jadikan akhlak kita baik sebagaimana baiknya penciptaan kita.

5️⃣Surat ini juga menggambarkan tentang kengerian dan dashyatnya hari kiamat.

6️⃣Ketika disebutkan ayat 10-12 maka seharusnya bagi kita untuk menghadirkan bahwa malaikat selalu berada di sisi kita, sehingga menghalangi kita dari kemaksiatan.


🌿🌷🌿🌷🌿🌷🌿🌷🌿🌷🌿


🕰️Tanggal 16 Shafar 1442 H / 03 Oktober 2020

📝 Diterjemahkan oleh al-ukh Fitrah & Lina Ummu 'Abdillah

Post a Comment

1 Comments

  1. MasyaAllah bagus sekali blognya
    Kalau bisa lengkapi tadabur suratnya menjadu 30 juz

    ReplyDelete