Sesungguhnya Allah Adalah Pemberi Rezki (Ar-Razzaq)

بسم الله الرحمن الرحيم -

🌸 MUHADHOROH 🌸

Teacher: ustadha Yasmin حفظهاالله

🌿🌷🌿🌷🌿🌷🌿🌷🌿🌷🌿

🌷Bismillah, Dengan menyebut nama Allah, Ustadzah membuka majelis ini dengan doa.

Zaid bin Amr bin Nifail memuji Allah Subhallahu Ta'ala, 

 "الله أهـدى مـدحـتـي وثـنـائيا

وقولا رصينا لا يني الدهر باقيا

إلى الملك الأعلى الذي ليس فوقه

إله ولا رب يــــكــــون مــــدائيــــا

ألا أيـهـا الانـسـان إياك والردى

فـإنـك لا تـخـفـي مـن الله خـافـيا

وإيــاك لا تـجـعـل مـع الله غـيـره

فــإن سـبـيـل الرشـد أصـبـح بـاديـا

حـنـانـيـك إن الجـن كـانـت رجـاءهم

وأنـــت إلهـــي ريـــنـــا ورجــائيــا

رضــيــت بــك الهــم ربــا فــلن أرى

أديــن إلهــا غــيـرك الله ثـانـيـا

أديـــن لرب يـــســـتـــجــاب ولا أرى

أديـن لمـن لم يـسـمع الدهر داعيا

وأنــت الذي مــن فــضـل مـن ورحـمـة

بـمـثـت الى مـوسـى رسـولا مـنـاديا

فـقـلت له يا اذهب وهارون فادعوا

إلى الله فـرعـون الذي كان طاغيا

وقــــولا له أأنـــت ســـويـــت هـــذه

بـلا وتـد حـتـى اطـمـأنـت كـما هيا

وقــــولا له أأنـــت رفـــعـــت هـــذه

بــلا عــمـد أرفـق إذا بـك بـانبيـا

وقــولا له أأنــت ســويــت وســطـهـا

مـنـيـرا إذا مـا جنه الليل هاديا

وقـولا له مـن يـرسـل الشـمـس غدوة

فـيـصـبـح مـا مـست من الأرض ضاحيا

وقولا"

🌷 Dalam kehidupan ini, ilmu terbaik adalah mengenali sang pemilik ilmu. Karena berilmu adalah ketika sudah mengenali yang harus diilmui (Allah).

Dan dalam kehidupan ini banyak sekali kebutuhan dan keinginan yang seorang hamba miliki.

🌷 Dan diantara nama Allah ﷻ yang agung yang sesuai yaitu _Ar-Razzaq_ (Maha Pemberi Rezeki).

Nama Ar-Razzaq terdapat di dalam Al-Qur'an, Surat Adz-Dzariyat 51:58, Allah ﷻ berfirman :

إِنَّ ٱللَّهَ هُوَ ٱلرَّزَّاقُ ذُو ٱلْقُوَّةِ ٱلْمَتِينُ ۞

Artinya : "Sungguh Allah, Dialah Pemberi rezeki Yang Mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh."

🌷 Dan mengapa Allah menyandingkan nama _Ar-Razzaq_ dengan _Al-Quwwah Al-Matiin_ (kekuatan yang sangat kokoh)? Karena hasil dari kekuatan Allah adalah Dia menyampaikan rezeki-Nya kepada seluruh dunia.

📚📚 Dan juga nama Ar-Razzaq terdapat pada firman Allah ﷻ :

ِوَٱللَّهُ خَيْرُ ٱلرَّٰزِقِينَ ۞

Artinya : "Dan Allah pemberi rezeki yang terbaik."

🌷Apa arti dari Ar-Razzaq? Ar-Razzaq sama dengan Maha Pemberi Rezeki, Dialah yang memberikan rezeki, yang meluaskan rezeki. Maka dengan memahami ini, hati seseorang akan merasa tenang.

📌 Rezeki secara umum yaitu yang Allah ﷻ berikan kepada orang baik dan juga pendosa.

📚📚 Dalilnya Al-Quran surat Hud ayat 6 :

وَمَا مِن دَآبَّةٍ فِى ٱلۡأَرۡضِ إِلَّا عَلَى ٱللَّهِ رِزۡقُهَا وَيَعۡلَمُ مُسۡتَقَرَّهَا وَمُسۡتَوۡدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِى كِتَٰبٍ مُّبِينٍ ۞

Artinya : "Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh)."

🌷 Seorang mukmin ketika diberikan rezeki berupa kebaikan maka, ia bersyukur. Maupun rezeki keburukan dalam pandangannya maka, ia bersabar. Dan seorang mukmin ketika ia diberikan rezeki berupa kebaikan yang banyak : rumah yang luas, kendaraan, pasangan maka, dia mengucapkan Alhamdulillah, mengingat kebaikan dan anugerah Allah ﷻ kepadanya.

⛔️ Namun seorang mukmin ketika sudah dihiasi dengan keindahan dunia (mengejarnya) maka, apa pun yang Allah ﷻ berikan kepadanya ia tidak akan merasa cukup dan kurang bersyukur.

📌 Seorang mukmin dijanjikan oleh Allah ﷻ berupa surga, ingatkan diri kita dengan ayat Al-Kahfi 18:31:

أُو۟لَٰٓئِكَ لَهُمْ جَنَّٰتُ عَدْنٍ تَجْرِى مِن تَحْتِهِمُ ٱلْأَنْهَٰرُ يُحَلَّوْنَ فِيهَا مِنْ أَسَاوِرَ مِن ذَهَبٍ وَيَلْبَسُونَ ثِيَابًا خُضْرًا مِّن سُندُسٍ وَإِسْتَبْرَقٍ مُّتَّكِـِٔينَ فِيهَا عَلَى ٱلْأَرَآئِكِۚ نِعْمَ ٱلثَّوَابُ وَحَسُنَتْ مُرْتَفَقًا ۞

Artinya : "Mereka itulah yang memperoleh Surga ‘Adn, yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; (dalam surga itu) mereka diberi hiasan gelang emas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. (Itulah) sebaik-baik pahala dan tempat istirahat yang indah.”

🌷Dan ketika seorang mukmin benar-benar mengingat keindahan-keindahan surga maka, ia tidak melihat dunia itu adalah kemewahan. *Bahkan dunia tidak lebih mulia daripada 1 sayap nyamuk.

Subhanallah, ketika seorang mukmin membaca ayat tentang surga di mushafnya, maka seakan-akan dunia ini tidak ada artinya. Lihat QS. Al-Insan: 5-25, tentang nikmat surga.

💜 Dan surga adalah sebaik-baiknya nikmat. Dan itu adalah rezeki yang khusus bagi hamba-Nya yang beriman dan terpilih, yang hatinya bertauhid dan menganut agama yang diridhai yaitu agama islam.

✅ Maka hendaknya kita senantiasa memohon kepada Allah ﷻ supaya Allah ﷻ senantiasa menjadikan kita istiqamah diatas agama islam dan tauhid.

✅ Dan hati yang hanya tertuju kepada Allah.

✅ Dan penglihatan yang senantiasa rindu untuk melihat-Nya.

✅ Mencintai-Nya lebih dari segalanya: lebih dari dirimu, lebih dari keluargamu, lebih dari hartamu.

❗️ Meskipun engkau belum pernah melihat-Nya.

 💜 Dan rezeki yang paling indah lagi agung yang Allah ﷻ berikan kepadamu.. iya, kepadamu..! Adalah rezeki berupa hidayah keimanan. Dan hidayah keimanan itu didapatkan dari ilmu.

Ketika Allah ﷻ menginginkan untuk memberimu rezeki, maka engkau mengetahui bahwa *HIDAYAH adalah rezeki yang paling agung.*

📚📚 Allah ﷻ berfirman di dalam Surat At-Thalaq 65 ayat 11:

رَّسُولًا يَتْلُوا۟ عَلَيْكُمْ ءَايَٰتِ ٱللَّهِ مُبَيِّنَٰتٍ لِّيُخْرِجَ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ مِنَ ٱلظُّلُمَٰتِ إِلَى ٱلنُّورِۚ وَمَن يُؤْمِنۢ بِٱللَّهِ وَيَعْمَلْ صَٰلِحًا يُدْخِلْهُ جَنَّٰتٍ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا ٱلْأَنْهَٰرُ خَٰلِدِينَ فِيهَآ أَبَدًاۖ قَدْ أَحْسَنَ ٱللَّهُ لَهُۥ رِزْقًا ۞ 

Artinya : "(dengan mengutus) seorang Rasul yang membacakan ayat-ayat Allah kepadamu yang menerangkan (bermacam-macam hukum), agar Dia mengeluarkan orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, dari kegelapan kepada cahaya. Dan barangsiapa beriman kepada Allah dan mengerjakan kebajikan, niscaya Dia akan memasukkannya ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Sungguh, Allah memberikan rezeki yang baik kepadanya."

🌷 Dan beriman kepada nama Allah _Ar-Razzaq_ bukan dengan tidak melakukan usaha, akan tetapi dengan usaha. Seorang mukmin adalah yang kuat, rajin, dan produktif. Bukan yang lemah, bersantai, dan banyak duduk.

📌 Diantara atsar (bekas) dari mengimani nama Allah "Ar-Razzaq" adalah:

1. Bertawakkal kepada Allah ﷻ dan mengambil sebab.

📚📚 Allah ﷻ berfirman dalam Surat Fathir 35 ayat 3:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ ٱذْكُرُوا۟ نِعْمَتَ ٱللَّهِ عَلَيْكُمْۚ هَلْ مِنْ خَٰلِقٍ غَيْرُ ٱللَّهِ يَرْزُقُكُم مِّنَ ٱلسَّمَآءِ وَٱلْأَرْضِۚ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَۖ فَأَنَّىٰ تُؤْفَكُونَ ۞

Artinya : "Wahai manusia! Ingatlah akan nikmat Allah kepadamu. Adakah pencipta selain Allah yang dapat memberikan rezeki kepadamu dari langit dan bumi? Tidak ada tuhan selain Dia; maka mengapa kamu berpaling (dari ketauhidan)?"

2.  Meninggalkan sebab-sebab atau usaha-usaha yang haram, juga tidak takut dari sesama hamba yang dikhawatirkan akan memutus rezekinya.

📌 Dia yakin bahwa Allah ﷻ yang menciptakannya akan mencukupinya.

يا رَازِقَ النعَّاب في عُشه ... وجَابر العَظْم الكَسِير الْمَهِيضِ ...

Artinya : "Wahai (Tuhan) Yang memberi rezeki kepada anak-anak burung gagak di sarangnya, (wahai Tuhan) Yang Menyembuhkan tulang yang patah."

Dan tidak ada yang menjamin rezeki makhluk kecuali Allah ﷻ. Sampai itu rezekinya anak-anak.

🌷 Allah ﷻ berfirman di dalam Surat Al-Baqarah 2 ayat 268 : 

ٱلشَّيْطَٰنُ يَعِدُكُمُ ٱلْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُم بِٱلْفَحْشَآءِۖ وَٱللَّهُ يَعِدُكُم مَّغْفِرَةً مِّنْهُ وَفَضْلًاۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ ۞

Artinya : "Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kemiskinan kepadamu dan menyuruh kamu berbuat keji (kikir), sedangkan Allah menjanjikan ampunan dan karunia-Nya kepadamu. Dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui."

Perhatikan, Surat Hud ayat 6 :

وَمَا مِن دَآبَّةٍ فِى ٱلۡأَرۡضِ إِلَّا عَلَى ٱللَّهِ رِزۡقُهَا وَيَعۡلَمُ مُسۡتَقَرَّهَا وَمُسۡتَوۡدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِى كِتَٰبٍ مُّبِينٍ ۞

"Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh)."

Wahai Habiibaat..

Maka ketika seseorang mengenali nama Allah Ar-Razzaq maka, dia akan merasa tentram dan tenang.

💜 Dan ada rezeki Allah ﷻ yang agung yang sering terlupakan yaitu, "Qolbun Saliim". 

Yaitu :

🔹Hati yang sehat selamat tidak memiliki kedengkian kepada seorangpun.

🔹Tidak ada kebencian, kesombongan, dan rasa iri kepada siapapun.

🔹Senantiasa mudah untuk berbaik sangka.

Sehingga saat ia beribadah, ia dapat khusyu' merasakannya... karena kebersihan hatinya.

 💜 Juga rezeki kesehatan

Dan diantara rezeki dari Allah ﷻ adalah kesehatan. Berapa banyak orang yang terhalang dari rezeki ini?! Harus bagi setiap insan untuk mengingatkan dirinya tentang rezeki-rezeki ini.

📚📚 “Dan jika kalian menghitung-hitung nikmat Allah, kalian tidak akan dapat menghitungnya.” - Ayat.

📌 Diantara sebab datangnya rezeki Allah ﷻ :

▶️ ⑴. Takwa

📚📚 Allah ﷻ berfirman :

فَإِذَا بَلَغۡنَ أَجَلَهُنَّ فَأَمۡسِكُوهُنَّ بِمَعۡرُوفٍ أَوۡ فَارِقُوهُنَّ بِمَعۡرُوفٍ وَأَشۡهِدُوا۟ ذَوَىۡ عَدۡلٍ مِّنكُمۡ وَأَقِيمُوا۟ ٱلشَّهَٰدَةَ لِلَّهِ ۚ ذَٰلِكُمۡ يُوعَظُ بِهِۦ مَن كَانَ يُؤۡمِنُ بِٱللَّهِ وَٱلۡيَوۡمِ ٱلۡءَاخِرِ ۚ وَمَن يَتَّقِ ٱللَّهَ يَجۡعَل لَّهُۥ مَخۡرَجًا ۞ وَيَرۡزُقۡهُ مِنۡ حَيۡثُ لَا يَحۡتَسِبُ ۚ وَمَن يَتَوَكَّلۡ عَلَى ٱللَّهِ فَهُوَ حَسۡبُهُۥٓ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ بَٰلِغُ أَمۡرِهِۦ ۚ قَدۡ جَعَلَ ٱللَّهُ لِكُلِّ شَىۡءٍ قَدۡرًا ۞

Artinya : “Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu." (QS. At-thalaq: 2-3)

▶️ ⑵. Ibadah

▶️ ⑶. Banyak mengingat Allah ﷻ dan yang terpenting adalah istighfar

📚📚 Allah ﷻ berfirman di dalam Surat Nuh 71 ayat 10-12:

فَقُلْتُ ٱسْتَغْفِرُوا۟ رَبَّكُمْ إِنَّهُۥ كَانَ غَفَّارًا ۞

Artinya : "Maka aku berkata (kepada mereka), “Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, Sungguh, Dia Maha Pengampun." (Qs. Nuh : 10)

يُرْسِلِ ٱلسَّمَآءَ عَلَيْكُم مِّدْرَارًا ۞

Artinya : "Niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu." (Qs. Nuh : 11)

وَيُمْدِدْكُم بِأَمْوَٰلٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَل لَّكُمْ جَنَّٰتٍ وَيَجْعَل لَّكُمْ أَنْهَٰرًا ۞

Artinya : "Dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu.” (Qs. Nuh : 12)

▶️ ⑷. Berdoa dan mencari waktu-waktu mustajab.

▶️ ⑸. Taat kepada Allah ﷻ, karena dosa adalah sebab tertutupnya rezeki Allah ﷻ.

📌 Maka kita memohon kepada Allah ﷻ supaya Allah ﷻ memberikan kita rezeki dengan surganya, dan menjadikan kita dapat melihat wajah-Nya. Dan sebagaimana Allah mengumpulkan kita di dunia dan di majelis dzikir ini. Semoga Allah ﷻ mengumpulkan kita di surga Firdaus-Nya.. aamiiin

Wallahu a'lam bisshawab

🌿🌷🌿🌷🌿🌷🌿🌷🌿🌷🌿

🕰️ Sabtu, 19 Dzulhijjah 1441 H / 08 Agustus 2020 M

📝 Diterjemahkan oleh al-ukh Atikah Tsary dan Fitrah حفظها الله

Post a Comment

0 Comments