Virus Korona dan Thibbun Nabawi



- بسم الله الرحمن الرحيم -

🌸 KELAS KULIAH UMUM 🌸

Teacher: ustadha Ummu Mu'adz  حفظهاالله

🌿🌷🌿🌷🌿🌷🌿🌷🌿🌷🌿

Setiap bencana terjadi karena ada alasannya dari Allah. Apa penyebab penyakit ini dan mengapa menyebar? Semua karena dosa-dosa kita. Kita harus kembali kepada Allah ta'ala dan mengajak orang-orang ke jalan yang lurus. Risalah ini untuk semua orang, terutama ahlul qur'an. Al qur'an adalah petunjuk , cahaya dan obat, dan penenang hati.

Akhir-akhir ini kita mendengar kejadian luar biasa. Padahal sebenarnya ini disebabkan oleh makhluk yg sangat kecil namun kita membahasnya karena sudah menyerang seluruh negara.

Coba ingat kenapa ada rasa takut di hati ahlul qur'an? Kenapa kita tidak membacanya? Tidak akan ada yg terjadi kepada kita kecuali yang sudah Allah tuliskan.

Ada qoidah penting yg harus kita garis bawahi dari kejadian ini yaitu: Tidaklah Allah menurunkan suatu bencana kecuali karena dosa. Dan tidaklah diangkat sebuah musibah kecuali karena taubat.

Apa yang menjadi sebab dari ujian berupa penyakit ini? Karena Banyak tindakan buruk yang dilakukan oleh manusia di laut dan daratan.

✔️ Jika korupsi ada dimana-mana berarti kurangnya rasa syukur.
✔️ Tersebarnya kemiskinan dan penyakit disebabkan oleh dosa-dosa dan perbuatan buruk kita.

🌹 Kembali lah kepada Allah. Ujian ini merupakan hukuman, hasil dari perbuatan kita.

🌹 Kita juga harus berhenti menyebarkan rasa takut diantara manusia.

Korona bukan ciptaan Allah satu-satunya yang diciptakan untuk memberikan teguran kepada manusia. Banyak penyakit-penyakit sebelumnya yang telah menular, yang seharusnya memberikan pelajaran besar bagi kita darimana datangnya penyakit ini dan apa tujuan Allah mendatangkannya.

Bagaimana makhluk kecil ini mampu mengguncang negara-negara besar, hingga Mekkah harus ditutup. Ini teguran besar bagi kita, kepada siapa kita akan kembali?

Ketika seluruh wasilah dunia sudah digunakan namun tidak ada solusi yang diberikan, maka tidaak ada jalan keluar kecuali: Kembali kepadaNya. Dengan bertaubat kepadaNya. Dengan mengingatkan keluarga, orang-orang terdekat kita. Kembali kepada Allah.. Kembali kepada Allah.. Hanya ini cara kita melihat penyakit ini.

🌹 Allah ingin kita kembali. Allah sudah banyak memberikan rahmat untuk kita. Dan tujuan dari ujian ini adalah agar kita kembali kepada Allah.

🌹 Cara yang terbaik untuk menghadapi makhluk Allah ini dengan kembali kepada pemilik penyakit.

✔️ Dimana kita dengan amar ma'ruf nahi mungkar?
✔️ Dimana kita sebagai seorang hamba?
✔️ Dimana kita dari sebab sebab islami?

Ingatkah kita dengan hadits Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam tentang "hatta laa taghriqa as safiinah"? Yaitu hadits yang mengisahkan: Bagaimana perahu itu akan tenggelam jika tidak ada yang menegur ketika diantara kita ada yg berbuat dosa. Kita tidak mempersalahkan siapapun, tapi ini teguran untuk kita semua. Ini kewajiban kita semua. Yaitu memberikan nasihat dan berdakwah.

🌹 Dari An Nu’man bin Basyir rahiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;


مَثَلُ الْقَائِمِ عَلَى حُدُودِ اللَّهِ وَالْوَاقِعِ فِيهَا كَمَثَلِ قَوْمٍ اسْتَهَمُوا عَلَى سَفِينَةٍ ، فَأَصَابَ بَعْضُهُمْ أَعْلاَهَا وَبَعْضُهُمْ أَسْفَلَهَا ، فَكَانَ الَّذِينَ فِى أَسْفَلِهَا إِذَا اسْتَقَوْا مِنَ الْمَاءِ مَرُّوا عَلَى مَنْ فَوْقَهُمْ فَقَالُوا لَوْ أَنَّا خَرَقْنَا فِى نَصِيبِنَا خَرْقًا ، وَلَمْ نُؤْذِ مَنْ فَوْقَنَا . فَإِنْ يَتْرُكُوهُمْ وَمَا أَرَادُوا هَلَكُوا جَمِيعًا ، وَإِنْ أَخَذُوا عَلَى أَيْدِيهِمْ نَجَوْا وَنَجَوْا جَمِيعًا


“Perumpamaan orang yang mengingkari kemungkaran dan orang yang terjerumus dalam kemungkaran adalah bagaikan suatu kaum yang berundi dalam sebuah kapal. Nantinya ada sebagian berada di bagian atas dan sebagiannya lagi di bagian bawah kapal tersebut. Yang berada di bagian bawah kala ingin mengambil air, tentu ia harus melewati orang-orang di atasnya. Mereka berkata, “Andaikata kita membuat lubang saja sehingga tidak mengganggu orang yang berada di atas kita.” Seandainya yang berada di bagian atas membiarkan orang-orang bawah menuruti kehendaknya, niscaya semuanya akan binasa. Namun, jika orang bagian atas melarang orang bagian bawah berbuat demikian, niscaya mereka selamat dan selamat pula semua penumpang kapal itu.” (HR. Bukhari no. 2493).

Kita melihat corona bisa menghancurkan berbagai macam kekuatan manusia. Kenapa kita tidak memikirkan bagaimana makhluk ini mengehentikan segala jenis keburukan yang selama ini dianggap biasa saja? Musik hal yang sulit didakwahkan, namun ketika Allah menurunkan wabah ini, tak ada terdengar musik sedikitpun di negara itu?

📚 Untuk mencegah dan mengobati penyakit ini, kita kembalikan melalui apa yang Allah ajarkan kepada kita:

1⃣ Habbatus sauda' yang Allah sebutkan sebagai obat segala jenis penyakit kecuali kematian.

2⃣ Madu dan herbal lain yang Allah dan Rasulullah sebutkan sebagai tibbun nabawiy.

3⃣ Cara lain bisa dilakukan dengan ruqyah. Dengan doa2 yang Allah ajarkan kepada kita.

🌺🍃 Hadits dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan : “ Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah meminta perlindungan kepada Allah untuk anggota keluarganya. Beliau mengusap dengan tangan kanannya dan berdoa :


- اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِه وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا


“Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah kesusahan dan berilah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain” (HR Bukhari 535 dan Muslim 2191).

🌺🍃 Membaca setiap pagi dan petang doa:


بسم الله الي لا يضر مع اسمه شئ في الارض و لا في السماء و هو السميع العليم


“Dengan nama Allah yang bila disebut, segala sesuatu di bumi dan langit tidak akan berbahaya, Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (Dibaca 3 x)

🌹 Faedah: Barangsiapa yang mengucapkan dzikir tersebut sebanyak tiga kali di pagi hari dan tiga kali di petang hari, maka tidak akan ada bahaya yang tiba-tiba membahayakannya.

🌺🍃 Membaca setiap pagi dan petang doa:


اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِيْنِيْ وَدُنْيَايَ وَأَهْلِيْ وَمَالِيْ اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِى وَآمِنْ رَوْعَاتِى. اَللَّهُمَّ احْفَظْنِيْ مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ، وَمِنْ خَلْفِيْ، وَعَنْ يَمِيْنِيْ وَعَنْ شِمَالِيْ، وَمِنْ فَوْقِيْ، وَأَعُوْذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِيْ


“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan dalam agama, dunia, keluarga dan hartaku. Ya Allah, tutupilah auratku (aib dan sesuatu yang tidak layak dilihat orang) dan tenteramkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah, peliharalah aku dari muka, belakang, kanan, kiri dan atasku. Aku berlindung dengan kebesaran-Mu, agar aku tidak disambar dari bawahku (oleh ular atau tenggelam dalam bumi dan lain-lain yang membuat aku jatuh).” (Dibaca 1 x)

🌹 Syaikh Ibn Utsaimin mengatakan bahwa saya meminta perlindungan untuk keluarga dengan dengan doa ini. Ini adalah perlindungan terbaik.

🌺🍃 Membaca setiap sore/petang doa:


أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ


“Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakanNya.” Dibaca 3x.
HR. Ahmad 2: 290. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih sesuai syarat Muslim.

🌹 Faedah: Siapa yang mengucapkannya di petang hari, niscaya tidak ada racun atau binatang (seperti: kalajengking) yang mencelakakannya di malam hari.

🌺🍃 Istighfar adalah benteng semua anggota keluarga. Ajarkan anggota keluargamu untuk terus beristighfar.

🌺🍃 Ketika akan tidur jangan lupa doa mau tidur.

🌺🍃 Dimanakah kita dari 2 ayat terakhir surat al baqoroh? Ayat kursi? Surat al Ikhlas? Al mu'awwidzat (annas & al falaq)?

🌹🌹 Tak ada yang dapat menyentuh kita dengan keburukan jika lisan kita terus menyebutkan nama-nama Allah. Dengan doa yang kita baca sehari-hari kepada Allah..

🌹🌹 Ketika kita membaca dzikir pagi petang, siapa yang bisa menghancurkan kita?

🌹🌹 Siapa yang bisa menyelamatkan kita kecuali Dia?

4⃣ Sunnah yang sering terlupakan adalah menutupi makanan terutama di malam hari. Menghentikan anak dari bermain di malam hari.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;


غَطُّوا الإِنَاءَ، وَأَوْكُوا السِّقَاءَ، فَإنَّ فِي السَّنَةِ لَيْلَةً يَنْزِلُ فِيهَا وَبَاءٌ، لاَ يَمُرُّ بِإِنَاءٍ لَيْسَ عَلَيْهِ غِطَاءٌ، أَوْ سِقَاءٍ لَيْسَ عَلَيْهِ وِكَاءٌ، إِلاَّ نَزَلَ فِيهِ مِنْ ذلِكَ الْوَبَاءِ


“Tutuplah bejana-bejana dan wadah-wadah air. Karena ada satu malam dalam satu tahun waba’/penyakit turun di pada malam itu. Tidaklah penyakit itu melewati bejana yang tidak tertutup, atau wadah air yang tidak ada tutupnya melainkan penyakit tersebut akan masuk ke dalamnya. (HR Muslim)

💎 Allah yg menyebarkan penyakit ini di antara kita. Dan Allah lah yang bisa mengangkat musibah ini.

💎 Penyakit ini peringatan dari Allah agar kita kembali kepada Nya dan meninggalkan dosa.

اللهم إنا نعوذ بك من البرص والجنون والجذام ومن سيء الأسقام
اللهم عافني في بدني اللهم عافني في سمعي اللهم عافني في بصري لاإله إلا أنت
اللهم إني أعوذ بك من الكفر والفقر وأعوذ بك من عذاب القبر. لا اله الا انت

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, lepra dan keburukan segala macam penyakit

"Ya Allah, berikanlah kesehatan untuk badanku, bagi pendengaranku dan penglihatanku, tiada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau.

Ya Allah… Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kekufuran dan kefakiran. Dan aku berlindung kepadamu dari siksaan kubur. Tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau.”

Washalallahu 'alanabiyyina muhammad shalallahu 'alaihi wasallam. Walhamdulillahi rabbil 'aalamiin.

🍃🌺🍃🌸🍃🌺🍃🌸🍃🌺🍃🌸🍃

___
📌 Transcript lengkap oleh : al-ukh Irmania Ummu Halim (Mutarjimah Taj Al Waqar)

Post a Comment

0 Comments